The World Is On Your Shoulders, The Weight Is Crushing Me!

Kamis, 05 Januari 2012

History Linux CentOS 5.5

Posted By
Nama             : Furqon Aryulis
NIM              : 12092869
Kelas             : 12.5M.01
Jurusan         : Manajemen Informatika
Mata Kuliah  :LINUX ADMINISTRATOR

HISTORY CENTOS
CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat) adalah sistem operasi gratis yang dibuat dari source code Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Proyek ini berupaya untuk 100% binari kompatibel dengan produk hulunya (RHEL). Dan tentu saja menggunakan paket RPM. Karena CentOS dikompile dari SRPM RHEL maka CentOS 100% kompatible dengan RHEL, isi dari CentOS hampir sama dengan RHEL. Lalu, apa bedanya? Bedanya pada CentOS semua atribute RHEL dibuang, misalnya README.TXT RHEL diganti menjadi README.TXT CentOS.

LINUX CENTOS
Centos adalah system operating gratis yang dibuat dari source code Red Hat Enterprise Linux. Centos singkatan dari Community Entrerprise operating system (sistem operasi yang dibuat komunitas). Centos dikomple dari srpm Red Hat maka centos compatible dengan Red hat, isi dari centos hampir sama dengan red hat.
Sebenarnya apa sih kelebihan dan kekurangan dari centos. kalau menurut saya centos hampir sama dengan system operating open source yang lain, tergantung pada kehebatan penguasaan administrator. tapi ini ada sedikit yang menurut saya merupakan kelebihan dan kekurangan centos.

ALL ABOUT LINUX
Linux merupakan sebuah system operasi dengan kemampuan multiuser dan multi tasking yang bersifat free. Free disini bukan diartikan sebagai gratis.tetapi berarti kebebasan seperti yang tertuang dalam lisensi yang dimiliki oleh linux yaitu GNU GPL (GNU is not unlix general public licence). Perangkat lunak yang mempunyai lisensi GNU GPL akan menjamin 3 kebebasan bagi para penggunanya yaitu:
a. Kebebasan untuk menjalankan perangkat lunak yang disebut dengan tujuan apapun.
b. Kebebasan untuk mengubah perangkat lunak tersebut agar sesuai dengan kebutuhan. Hal ini mengharuskan prasyarat tersediannya source code perangkat lunak tersebut.
c. Kebebasan untuk mendistribusikan salinannya ,baik secara gratis maupun biaya. Sebagai system dalam rumpun UNIX, GNU/linux mewarisi sifat sifat yang menyerupai UNIX misalnya multiuser, multitasking, line/text command based, secure, ready for network, development tiil support.
Berikut adalah beberapa distributor linux, yaitu:
a. Redhat linux
b. Mandrake linux
c. Caldera open linux
d. Suse linux
e. Slackware linux
f. Debian GNU/linux
g. Turbolinux
h. Centos
i. Ubuntu dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar